Rabu, 05 Oktober 2011

DIGANGGU KUNTILANAK

Awal Maret 2005 kami sekeluarga (aku, suamiku, anakku usia 4 bulan) pindah ke Jayapura karena suamiku ditugaskan di sini. Kita nempatin rumah dinas di kompleks kantor yang sepi banget. Cuma ada 4 rumah di situ, itu pun jaraknya berjauhan dan dikelilingi kantor yang kalau malem sepi dan gelap banget.

Kalau pagi2 di rumah, aku cuma berdua ama anakku. Kadang2 aku ngerasa ada yang liatin, tapi aku pikir cuma perasaan doang jadi ngga mau terlalu aku pikirin. Kalau malem, kadang2 suamiku kena giliran dinas malam aku suka dengar suara2 aneh, kayak kotak mainan anakku dihamburkan, orang lagi mandi di wc, suara tangisan, tapi tiap kali aku cari sumbernya langsung hilang, jadi aku tidak mau berfikir yang macam2.

Suatu hari, kita menjenguk anak temen yang sakit. Berhubung rumahnya deket, kita jalan kaki aja. Waktu itu jam 19.30 malam setelah Isya. Pulang dari rumah temenku itu sekitar jam 20.30 WIT. Kita lewatin jalan yang sepi dan gelap banget. Aku ngerasa ada yang ikutin aku dan bawaanku merinding banget. Tapi karena suamiku ngajak ngobrol terus, aku jadi ngga terlalu mikirin.

Sampai di rumah, anakku masih belum tidur, diajak maen dulu ama suamiku, sementara aku beresin makan malam kita (sebelum pergi kita makan malem dulu, tapi belum sempat diberesin), tapi semua makananku basi, padahal baru juga dimasak sebelum dimakan. Lalu aku tanya suamiku, "Ayah, kok makanannya basi semua?". Suamiku jawab, "Ah, Bunda ngga baca basmallah kali pas nutup makanannya...". Lalu kedengaran jelas banget di telingaku suara perempuan cekikikan.

"Ayaaahhh!!!" teriakku karena ketakutan. Buru2 suamiku datang sambil nanya, "Kenapa, Bun?". Aku jelasin yang aku dengar tadi, tapi suamiku cuma bilang, "Baca ta'awudz to kalau diganggu setan". Lalu ngga berapa lama anakku nangis2, aku buru2 gendong anakku. Sambil digendong anakku tetep aja nangis, aku kasi ASI juga ngga mau malah makin kenceng nangisnya. Aku bawa masuk ke kamar, sambil digendong2 terus. Awalnya tangisnya agak reda, jadi aku baringkan di tempat tidur, tau2 nangisnya jadi kejer banget sampe ilang suaranya.

Aku panik banget, lalu suamiku yang ambil alih gendong anakku. Suamiku gendong anakku sambil baca beberapa surah pendek dan Ayatul Qursiy. Alhamdulillaah anakku jadi tenang dan tertidur. Jam waktu itu nunjukin pukul 23.10 WIT. Jadi aku bawa masuk anakku ke kamar sementara suamiku ngecek semua pintu2 dan jendela karena kita udah pada mau tidur.

Abis ngecek semua dan matiin lampu, suamiku langsung masuk kamar dan tidur di samping anakku. Sedangkan aku, berhubung masih banyak kerjaan, di kamar aku sibuk lipatin baju2. Tau2 suamiku teriak kenceng sambil duduk, "Allohuakbar!!!". Abis itu dia berulangkali istighfar. Aku tau niy pasti dia baru abis mimpi jelek, jadi aku ngga buru2 nanya. Lalu suamiku bilang, "Bunda,Ayah mimpi ada kuntilanak masuk ke kamar kita. Dia langsung dudukin Ayah, rambutnya kerasa sekali. Ayah pikir cuma mimpi, tapi Ayah bisa liat Bunda lagi asyik lipat baju2." suamiku menjelaskan.

Aku cuma bengong aja ngga tau mau ngomong apa. Tau2 dari ruang tengah kedengaran ada yang mencet2 piano mainan anakku. Emang di ruang tengah itu tempat mainnya anakku, jadi semua mainannya kumpul di situ. Lalu kedengaran bunyi mainan diobrak-abrik, ada bunyi musical play yang muter sambil bunyi. Pokoknya ribut banget dari ruang tengah. Yang paling horor itu adalah ada boneka jerapah gede yg bisa buat dinaikin. Bunyinya kalo ada yg naik ngik ngik ngik lalu kalo dipeluk lehernya bonekanya bilang 'I love you' 3x. Naahhh, tu boneka kedengaran ada yg naik sambil bolak-balik bilang I love you trus sesekali kedengaran suara perempuan cekikikan.

Ya Allah, aku udah parno abis langsung meluk lengan suamiku ketakutan. Alhamdulillah anakku engga kebangun. Lalu suamiku ngambil kursi, naik ke atas kursinya langsung ngintip lewat ventilasi. Kontan aja dia langsung komat-kamit baca ta'awudz trus turun dari kursi... Lalu suamiku buka pintu kamar...

Jreeennnggg... Aku ngga berani buka mata, cuma sempat keliatan ada putih2 kumel duduk di atas jerapah boneka. Aku sampe kebolak-balik baca Ayat Kursiy. Suamiku beraniin diri membentak dia, "Ukhruj ya aduwllah!" 3x yg artinya pergi kau musuh ALLAH. Eh kata suamiku dia malah nyeringai, lalu suamiku mulai membaca Ayat Kursiy, kemudian perempuan itu berdiri lalu pelan2 seperti kabut asap lalu jadi kayak benang hitam panjang dan hilang (nurut suamiku yang liat langsung). Aku yang udah ketakutan setengah mati baru berani buka mata waktu suamiku nutup pintu kamar dan bilang, "Sudah, Bun, sudah pergi...". Aku langsung meluk dia dan nangis ketakutan.

Suamiku pun cerita kalo perempuan itu matanya putih semua, mukanya ngga begitu jelas karena ketutup rambut panjang yang awut2an dan bau. Jari2 ama kuku2nya panjang2 dan item. Pakaiannya juga putih kumal kekuningan rada coklat2. Aku ama suamiku jadi ngga bisa tidur sampai pagi.

Paginya aku cek semua mainan anakku, emang bener semua terhambur dan keluar dari kardusnya. Boneka jerapahnya langsung aku minta tolong suamiku buat dibuang karena bonekanya penuh lendir dan bau banget, selain itu aku juga trauma banget.

Itulah kisah kami sekeluarga di Jayapura. Alhamdulillaah sekarang sudah tidak pernah diganggu lagi. Mudah2an seterusnya demikian. Amiiin

=Adinda Firayanti=
Jl.Raya Abepura Jayapura
Loading