Senin, 31 Oktober 2011

LEGENDA HANTU WHITE LADY

White Lady,merupakan julukan bagi hantu wanita yang banyak muncul di area pinggiran di berbagai negara.Menurut cerita ia perwujudan dari seorang wanita yang meninggal tragis atau trauma selama hidupnya legenda white lady tersebar di berbagai negara. Termasuk di negara kita "white lady" sering di kenal dengan sebutan Mbak kuntilanak,Sendal Bolong,Suster Ngesot Dll..



In Jerman

sosok White lady pertama kali muncul di tahun 1625 dan penampakan trus berlanjut sampai tahun 1888.penampakan terjadi disebuah istana tempat tinggal para raja russua, sehingga white lady tersebut dihubungkan dengan beberapa figur sejarah.
-Kunigunda of oriamunde, terlahir dengan nama landgravin of Leuchtenberg.ia adalah seorang yang dihukum mati karena membunuh anaknya sendiri.
-Bertha of Rosenberg seorang janda dari bohemia yang meniggal karena bunuh diri.
-Kunigunda of Slavonia Seorang putri dari Hongaria .
In United States
Sebuah legenda lokal alias (Urban Legend) yang menceritakan kisah White Lady of Acra,arwah seorang wanita yang meninggal dalam perjalanan menuju pernikahannya sendiri di tahun 1800-an.terdapat 2 kisah berbeda yang memaparkan sang lady white.Versi pertama mengisahkan bahwa ia seorang pengantin baru yang tewas karena kecelakaan mobil bersama suaminya.Versi kedua mengisahkan sepasang kekasih yang berangkat menuju pesta porm night lalu terjadi kecelakaan.meski sang pria selamat namun sang gadis meniggal dan gentanyangan mencari pasangannya sampai saat ini
Ada juga kisah white lady yang menghantui Durand - Eastman Park di Rochester,New York,dan dipercaya sebagai arwah seorang ibu yang anaknya di culik dan diperkosa.
dan Kota tambang yang telah ditinggalkan yakni Bodie,California,juga menyimpan kisah white lady dimana di kisahkan seorang wanita yang di bawa tunangannya kekota ini kemudian ditinggalkan di penginapan Bridgeport,Karena sang tunangan pria merasa terlalu berbahaya bila sang tunangan wanita ikut.Tetapi sang pria malah di rampok dan di bunuh di tengah jalan. Mendengar kabar duka tentang tunangannya sang wanita merasa bingung dan putus asa hingga kemudian menggantung dirinya sendiri.samapai saat ini masih sering terjadi penampakan sesosok wanita berpakain ala pengantin di lorong Brideport inn.
In Great Britain
White Lady adalah isitilah umum di inggris untuk menyebutkan arwah berbentuk wanita.Dalam legenda abad pertengahan,seorang white lady kabarnya dapat muncul pula di siang hari, tepatnya di rumah yang anggota keluarganya akan meninggal . di katakan bahwa arwah" tersebut adalah arwah wanita leluhur yang masih berkeliaran.
Castle Huntly,Scotland,di kabarkan di hantui wanita berpakaian putih yang diperkirakan adalah anak dari keluarga Lyon,pemilik istana tersebut di abad 17. Ketika perselingkuhan dengan seorang pelayan terkuak,ia dikucilkan di sebuah menara paling tinggi dan akhirnya bunuh diri karena tidak tahan akan penderitaannya.Sosok sang putri dilaporkan masih sering nampak saat ini.
Versi lain Sang White Lady
- Dames Blanches
Dalam mitologi prancis, dame blanches berarti white ladies,arwah wanita atau makhluk supranatural yang mendiami Lorraine dan Normady.Tepatnya di pegunungan Pyrenees.Mereka sering muncul di dekat gua dan meminta orang orang yang lewat untuk berdansa sejenak bersamanya.Orang yang bersedia menemani para Dame berdansa tidak akan dilukai,namun yangmenolak akan menghilang seketika!! Dipercaya bahwa Dame blanches adalah salah satu reinkarnasi dari dewi era PreChristian,di mana kata dame disini mengacu pada dewi -dwei penjaga.
- La Llorona
La Llorona dalam bahasa Spanyol berarti wanita yang menangis,adalah salah satu figur dalam mitos Meksiko mengenai arwah wanita yang menangisi anaknya yang meninggal karena tenggelam.Penampakan sosok ini sering muncul dekat mayat orang yang tenggelam disungai.Terdapat banyak versi cerita dari Llorona salah satunya mengisahkan tentang Maria,nama sang Llorona,seorang wanita cantik yang menginginkan pria tertampan untuk menjadi pasangannya.ia pun mendapatkan impiannya dan memiliki 3 orang anak.Tapi kemudian suami maria mulai bekerja di luar kota selama berbulan - bulan dan hanya pulang untuk mengunjungi anak - anaknya.Suatu kali sang suami pulang bersama wanita lain dan berkata akan membawa anak - anak mereka karena ia hendak menikah lagi.
Maria begitu marah,lalu ia membawa anak - anaknya kesungai dan menenggelamkan mereka.Setelah sadar akan apa yang di perbuatnya,Maria menangis hebat lalu membunuh dirinya sendiri.Di malam hari setelah penguburan Maria,Penduduk desa sering mendengar tangisan wanita yang mencari anaknya sehingga isitilah La Llorona pun Muncul.
-Weisse Frauen
Dalam mitologi Continental Germanic terdapat sosok bernama Weisse Frauen (White Women) mereka adalah roh para elf yang kemungkinan berasal dari legenda light elves paganisme jerman.Mereka di gambarkan sebagai sosok wanita cantik dan berkarisma tinggi , yang muncul di siang hari sambil duduk dibawah terik matahari untuk menyisir rambut dan mandi.Para elf diperkirakan tengah menjaga harta atau istana tertentu.Warna putih dikaitkan dengan kemunculan mereka di siang hari,ketika sinar matahari begitu menyilaukan.Menurut legendanya,para light elves sebelum hidup dinegeri Alfheim yang merupakan bagian dari sutga,dibawah lindungan Freyr sang dewa matahari,hujan dan kesuburan.
Loading